Totalitas Petugas Haji Dalam Memberikan Layanan Ke Jemaah Mendapatkan Apresiasi Menag

Menteri agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas, berterima kasih kepada seluruh petugas penyelenggara Ibadah haji (PPIH) Arab Saudi, karena hingga saat ini belum satu pun Pakta Integritas dilanggar.

"Akhirnya kita sampai pada fase puncak pelayanan jemaah, tantangan terbesar seluruh pelayanan haji yang kita hadapi memberikan layanan maksimal kepada seluruh jemaah haji Indonesia," kata Yaqut pada rapat koordinasi persiapan pelayanan jemaah haji pasca Armuzna bersama PPIH Arab Saudi di Makkah, Minggu (2/7/2023).

Sebelum para PPIH berangkat ke Arab Saudi, kata Menag, semua sudah menandatangani Pakta Integritas.

"Saya sebagai amirul haji, sekaligus menteri agama harus mengatakan terimakasih sebesar-besarnya pada seluruh petugas haji,karena tidak ada satupun fakta Integritas yang dilanggar. Dan bahkan harus saya katakan espektasi yang kami punya ketika memberangkatkan para petugas haji ke Arab saudi sudah terlampau dengan apa yang dilakukan bapak ibu pada layanan yang diberikan pada jemaah haji," kata dia.

SOP yang diberikan pada seluruh petugas adalah bagaimana melayani jemaah haji dan tahun ini  banyak jemaah lansia, itu semuanya terlampaui. Bahkan tidak ada dalam SOP para petugas itu menggendong Jemaah.

“Tidak ada SOP yang bapak ibu terima tugas dan kewajiban cebokin jemaah, itu tidak ada.Tetapi dengan ikhlas bapak ibu sekalian melakukan itu semua,” tutur Menag.

Bahkan Menag sendiri berani menghadapi serangan orang-orang yang mengatakan petugas haji itu tidak professional. “Jadi kalau hari ini ada orang mengatakan petugas-petugas haji ini tidak profesional tidak mampu memberikan pelayanan haji, saya akan menghadapi mereka,” tegasnya.

Gusmen sapaan akrab Menag tidak segan-segan bersujud dibawah kaki para petugas sebagai bentuk penghormatan atas apa yang telah dilakukan oleh para petugas dalam melayani Jemaah haji.

“Kalau saya memiliki kemampuan, saya akan bersujud dibawah kaki bapak ibu, tanda penghormatan atas apa yang bapak ibu baktikan pada pelayanan jemaah haji kita sangat luar biasa,” kata Gusmen.

Ia bersaksi bagaimana para petugas telah berjibaku mengorbankan semua kepentingan pribadi demi memberikan pelayanan pada jemaah haji Indonesia.

“Kadang saya tidak tahan melihat video yang beredar bagaimana bapak ibu menggendong para jemaah lansia dan bagaimana merawatnya,bahkan melebihi merawat orang tua sendiri,” ujarnya.

“Jadi seluruh penghormatan yang kami berikan tidak akan cukup memberikan penghargaan pada bapak ibu sekalian karena besarnya pengabdian yang diberikan pada para Jemaah,” sambungnya.

Dirinya berharap, para petugas dapat melakukan kinerja terbaiknya sebagai bentuk pengabdian kepada Allah SWT.

“Untuk itu, sekali lagi saya ingin mengucapkan terimakasih, tentu kami dari Kementerian Agama tidak bisa memberikan banyak hal sebagi wujud penghormatan kami. Dan saya yakin kinerja yang bapak ibu lakukan itu sebagai jaminan untk pengabdian pada Allah SWT,” tandasnya.

Posting Komentar untuk "Totalitas Petugas Haji Dalam Memberikan Layanan Ke Jemaah Mendapatkan Apresiasi Menag"