Gunung Uhud: Wisata Ziarah Populer Di Madinah



PHU Lampung Timur - Para jemaah haji dan umrah yang berada di Madinah pasti akan menyempatkan mengunjungi Gunung Uhud atau yang lazim disebut Jabal Uhud. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota Madinah, tepatnya berada di sebelah utara kota.
Bila di Indonesia, Uhud lebih mirip perbukitan dari pada disebut gunung. Ketinggiannya hanya sekitar 350 meter namun bentangan panjangnya mencapai sekitar 7 km dan lebarnya sekitar 3 km.

Bagi orang yang berkunjung ke sini, daya tariknya bukan pada keadaan alam gunungnya, namun sisi historis Uhud. Di lokasi ini lah Nabi pernah memimpin perang yang disebut dengan perang Uhud. Pertempuran Uhud terjadi pada tanggal 23 Maret 625 Masehi, antara sejumlah kecil komunitas Muslim dari Madinah, tempat di barat laut Jazirah Arab, dengan kekuatan dari Mekah.
Perang Uhud, salah satu perang besar yang terjadi antara kaum muslimin yang dipimpin oleh Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Sallam dengan kaum musyrikin Quraisy yang dipimpin oleh Abu Sufyan bin Harb (yang ketika itu masih kafir). Perang ini merupakan perang yang dahsyat, bagaimana tidak. Kaum musyrikin Makkah rela menempuh perjalanan sejauh 450KM (berjalan dari Makkah ke Madinah) untuk menghabisi kaum muslimin.
Di pertempuran ini pula terbunuh Singa Allah Hamzah Bin Abdul Muththalib, paman dari Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Sallam.
Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Sallam mengatur posisi pasukan dengan membelakangi Uhud dan menghadap Madinah, sehingga pasukan musuh berada di tengah kaum muslimin dan Madinah. Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Sallam menunjuk satu detasemen yang terdiri 50 dari pemanah ulung yang dikomandani oleh Abdullah bin Jubair, pasukan ini diposisikan di Jabal Rumat / Jabal Ainain, sekitar 150 meter dari pasukan kaum Muslimin.
Akan tetapi tatkala pasukan kaum muslimin hampir meraih kemenangan dan pasukan pemanah melihat orang-orang muslim sudah mengumpulkan harta rampasan dari pihak musuh, mereka pun dikuasai egoisme kecintaan terhadap duniawi. 40 pemanah melanggar perintah Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Sallam dan turun ke lembah Uhud untuk ikut mengumpulkan harta ghanimah. Hingga tertinggal 10 pemanah saja di Jabal Rumat.
Dalam kondisi ini, situasi berbalik hingga kaum muslimin terjepit dan kocar-kacir hingga hampir-hampir Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Sallam terbunuh. Akan tetapi dalam pertempuran selanjutnya, kaum muslimin yang dipimpin Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Sallam mampu membalikkan keadaan hingga menguasai pertempuran, meskipun banyak sekali para sahabat yang gugur demi menyelamatkan beliau.
Di kaki gunung bagian selatan terdapat pemakaman para syuhada, salah satunya adalah Hamzah bin Abdul-Muththalib paman dan saudara sepersusuan Nabi Muhammad SAW. Banyak peziarah yang mengunjungi makam ini sekdar ingin tahu dan berdoa di sana.
Pengunjung juga dapat menunaikan shalat di lokasi Uhud karena terdapat masjid yang cukup bagus. Bila peziarah ingin berbelanja oleh-oleh di sekitar Uhud banyak pedagang yang menjajakan makanan dan souvenir khas Arab Saudi.

Posting Komentar untuk "Gunung Uhud: Wisata Ziarah Populer Di Madinah"