Pandemi Covid-19, Pembinaan Manasik Haji Sepanjang Tahun Terus Berjalan

Pandemi Covid-19, Pembinaan Manasik Haji Sepanjang Tahun Terus Berjalan

Ambon (PHU) --- Kantor Kementerian Agama Kota Ambon melaksanakan Kegiatan Manasik Haji dalam bentuk Simulasi bagi calon jamaah haji Kota Ambon.

Acara tersebut dilaksanakan di Asrama Haji Waiheru Ambon berlangsung dengan tertib dan lancar dengan tetap menjaga protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19, Kamis (19/2020).

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Rabea Kiat Kota Ambon mengatakan di tengah pandemi covid-19, berbagai upaya dilakukan pemerintah agar pembinaan manasik haji tetap berjalan sebagaimana mestinya sesuai tujuan yang diharapkan. Salah satunya meningkatkan kemampuan jamaah dalam memahami rukun haji dan larangan-larangan yang bisa membatalkannya.

"Di tengah pandemi ini pemerintah tetap mengupayakan gerakan pembinaan haji ini bisa tetap jalan. Sebab, kewajiban pemerintah sesuai amanat Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah untuk melakukan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan kepada jamaah berdasarkan asas syariat, amanah, keadilan, kemaslahatan, kemanfaatan, keselamatan, keamanan, progfesionalitas, transparansi, dan akuntabilitas", ucap Rabea Kiat.

Kegiatan manasik haji merupakan tata cara atau tuntunan untuk mengerjakan hal-hal yang berhubungan dengan rukun, wajib dan sunnah haji dengan menggunakan miniatur Ka'bah dan dilaksanakan sebelum calon jamaah berangkat ke tanah suci.

Tujuannya di selenggaranya manasik haji ini, ujar Rabea Kiat adalah untuk memberikan pemahaman kepada setiap calon jamaah haji tentang tujuan utama keberangkatan para jamaah ke tanah suci.

Penulis : Kankemenag Kota Ambon
Editor : Boy Azhar

Posting Komentar untuk "Pandemi Covid-19, Pembinaan Manasik Haji Sepanjang Tahun Terus Berjalan"