Penguatan Petugas Manasik Haji Kabupaten Lampung Timur Tahun 2020

Lampung Timur (PHU) -- Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Timur mengadakan kegiatan Penguatan Petugas Manasik Haji Tahun 1441 H/ 2020 H bertempat di AULA Kankemenag Kab. Lampung Timur.

 

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Senin tanggal 30 November 2020 dan dihadiri oleh Ka. Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung Bpk. Drs. H. Juanda Naim, M.H. 

Adapun peserta yang hadir adalah Kepala KUA Se - Kabupaten Lampung Timur, Para pimpinan KBIHU dan Para Pembimbing Bersertifikat.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Juanda Naim dalam sambutannya dan sekaligus mengisi materi, menghimbau seluruh jajaran KUA di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Lampung Timur dapat segera melaksanakan manasik haji sepanjang tahun dengan melibatkan unsur tenaga kesehatan dan petugas imigrasi untuk mengedukasi masyarakat tentang persiapan pelaksanaan ibadah haji.

"Saya mengajak jajaran agar manasik haji sepanjang tahun yang telah di launching Kementerian Agama Kota Bandar Lampung beberapa waktu yang lalu dapat segera dilaksanakan, semoga kedepan kita juga dapat melibatkan unsur dari tenaga kesehatan dan imigrasi karena edukasi tentang keduanya sangat penting dan dibutuhkan jemaah," ujar Juanda Naim.

Pada kesempatan tersebut Juanda juga mengajak jajaran Kementerian Agama Kabupaten Lampung timur untuk mendukung kebijakan Kementerian Agama yang sangat konsen terhadap Pandemi Covid-19.

Kakanwil juga mengungkapkan bahwa dampak Pandemi Covid-19, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menutup akses penyelenggaraan haji bagi negara di dunia termasuk Indonesia, sehingga pemerintah melalui Kementerian Agama telah mengeluarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 494 tahun 2020 tanggal 2 Juni 2020 tentang Pembatalan keberangkatan jemaah haji pada penyelenggaraan haji tahun 1441H/ 2020.

"Kita ambil hikmahnya, kesempatan untuk mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan ibadah haji, seperti penyiapan dokumen haji, upaya meningkatkan kesehatan bagi para calon jemaah haji waktunya semakin panjang untuk meningkatkan dan memperdalam pemahaman manasik haji secara mandiri terbuka dan luas," harapnya.

Lebih lanjut Juanda menjelaskan terkait fasilitas asrama haji rajabasa, Kakanwil mempersilahkan jajaran Kementerian Agama Kabupaten/Kota dan masyarakat untuk memanfaatkan seluruh fasilitas tersebut.

"Kita memiliki sarana dan prasarana yang begitu refresentatif seperti gedung multazam standart bintang 3, mari kita manfaatkan bersama untuk kepentingan umat, semacam seminar, workshop, diskusi dan lain sebagainya, jangan hanya dimanfaatkan ketika keberangkatan dan kepulangan jemaah haji saja," ucapnya.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Juanda Naim pada kegiatan Penguatan Petugas Manasik Haji Tahun 2020 Dalam Rangka Mewujudkan Program Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun Di Masa Pandemi Covid 19 Di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Lampung Timur. Acara dilaksanakan di aula kantor setempat, Senin, (30/11).

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Timur Karwito mengucapkan terimakasih kepada Kakanwil atas kehadirannya di Kementerian Agama Kabupaten Lampung Timur.
Karwito menjelaskan bahwa kesiapan jajaran Kementerian Agama Kabupaten Lampung timur dalam menyambut dan melaksanakan manasik haji sepanjang tahun apalagi Lampung Timur memiliki jemaah paling banyak di Provinsi Lampung.

"Peringkat pertama atau kedua terbanyak, oleh sebab itu perlu adanya edukasi kepada calon jemaah, saya mengharapkan untuk seluruh jajaran KUA agar segera melaksanakan manasik haji sepanjang tahun, bahkan bagi yang telah mengantongi sertifikat bimbingan haji dapat membuka konsultasi secara profesional dirumah masing-masing,"Ujarnya.

Ada beberapa hal yang ditekankan oleh Ka. Kankemenag Kab. Lampung Timur Bpk. Drs. H. Karwito, M.M.

Pertama; bahwa sebagai implementasi dan amanah undang undang dasar nomor 8 tahun 2019 tentang pasal pembinaan dalam hal ini bimbingan manasik haji, kepada semua jajaran Kepala KUA memulai melakukan layanan bimbingan manasik haji sepanjang tahun baik baik jamaah calon haji yang akan berangkat maupun jamaah calon haji estimasi.

Kedua; kepada semua Pembimbing Manasik yang sudah bersertifikat nasional untuk memulai memasang plang dan/ papan nama guna dalam rangka membangun profesionalitas atau pembimbing bertaraf spesialis. Dan bagi pembimbing yang belum bersertifikat untuk segera berpartisipasi dalam kegiatan sertifikasi pembimbing.

Terakhir adalah harapan bahwa setelah kegiatan Penguatan Petugas Manasik Haji tahun 2020 ini terbentuk satu pemahaman dan konsep dasar Pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji sepanjang tahun di Kabupaten Lampung Timur.

Posting Komentar untuk "Penguatan Petugas Manasik Haji Kabupaten Lampung Timur Tahun 2020"