Integrated SISKOHAT Dan BPS BPIH Harus Bersinergi Saat Pelunasan Nanti

Lampung Timur (PHU)  - Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Abdul Djamil meminta Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH) dan Sistem Komputrisasi Haji Terpadu (Siskohat) dapat langsung mensinergikan masing-masing pihaknya untuk mempersiapkan pelunasan yang akan direncanakan pada minggu kedua Bulan April nanti.

“Karena tahun ini pelunasan akan lebih awal dilaksanakan dari tahun lalu, maka BPS dan Siskohat harus bersinergi untuk melakukan persiapan pelunasan,” jelas Abdul Djamil saat memberikan materi pada acara Review Tahunan Siskohat dan BPS BPIH di Hotel Santika Premier ICE BSD City. Kamis (30/03/2017).
BPS dan Siskohat menurut dia merupakan dua bagian yang tidak bisa dipisahkan, BPS mempunyai tugas menyimpan dan mengelola uang setoran awal calon Jemaah haji sedangkan Siskohat yang akan membuat suatu system terintegrasi dari bank dengan Kemenag, selain itu juga Siskohat juga harus mampu menciptakan suatu system informasi yang smart dan mudah diakses dan data tersebut juga harus tersambung ke seluruh Indonesia.
“BPS BPIH menjadi unsur yang sangat penting Karena kalau tidak ada BPS uangnya mau dititipkan kemana dan tidak mungkin bayarnya ke Kemenag, Siskohat juga penting sebab kalau tidak ada Siskohat data Jemaah yang berjumlah 3 jutaan itu mau dicatat pakai apa jadi kita butuh satu system informasi yang smart dan mudah diakses dan data itu bias disajikan saat ini juga tersambung seluruh Indonesia,” katanya dihadapan peserta yang berasal dari Bank Penerima Setoran dan para Kasi Informasi Haji ini.
Djamil juga bercerita didalam dunia perhajian ini seluruh pihak yang terkait dalam penyelenggaraan ibadah haji ini harus siap dengan caci makian dari orang-orang yang tidak mengerti bagaimana mengurus perhajian ini, dirinya juga berharap agar orang-orang yang berkecimpung dan bekerja di haji ini adalah orang-orang yang “kebal”.
“Mana ada perhelatan seperti ini kecuali haji dan yang tidak kalah penting sering dicacimaki orang kalau baik orang akan diam saja tapi kalau jelek sedikit bukan main akibatnya, jadi orang yang bekerja dihaji termasuk Siskohat, Dirjen dan BPS BPIH adalaha orang-orang yang sudah kebal,” ujar Mantan Rektor IAIN Wali Songo ini. (phu/lam-tim)
Sumber diambil dari website resmi Dirjen Haji RI

Posting Komentar untuk "Integrated SISKOHAT Dan BPS BPIH Harus Bersinergi Saat Pelunasan Nanti"