Sri Ilham Lubis: Alhamdulillah Akomodasi Mekkah Sudah Selesai 100%

Tim pengadaan jasa pelayanan haji di Arab Saudi masih terus bekerja menyediakan kebutuhan akomodasi, konsumsi, dan transportasi jemaah haji reguler. Dengan kuota haji sebanyak 204.000 orang tentu bukan pekerjaan ringan menyediakan segala kebutuhan tersebut, terlebih pengadaannya berada di beberapa lokasi Makkah, Madinah, Jedah, dan Arafah-Muzdalifah-Mina. 

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri, Sri Ilham Lubis menjelaskan progress yang telah dicapai dalam pengadaan layanan di Arab Saudi sampai sejauh ini.
“Alhamdulillah pengadaan akomodasi di Makkah telah selesai 100%, dan yang patut kita syukuri lagi Tim yang bekerja mampu melakukan negosiasi dengan integritas tinggi serta mampu menekan biaya SAR90 lebih rendah daripada pagu yang ditetapkan,” ujar Sri Ilham di ruang kerjanya Jalan Lapangan Banteng Barat Jakarta, Selasa (17/4/2018).
Dia juga menjelaskan bahwa pengadaan akomodasi di Madinah sesuai target yang ditetapkan. “Akomodasi Madinah sesuai target. Kita telah penuhi untuk kapasitas 30.000 dengan sewa musim penuh yang akan menempati 33 hotel,” imbuhnya.
Lalu Sri Ilham juga menjelaskan bahwa 33 hotel tersebut disewa seluruh kamarnya yang berarti jemaah haji Indonesia tidak harus menetap dalam satu hotel bersama jemaah haji negara lain. “Ya, kita sewa seluruh kamarnya,” katanya menegaskan.
Sedangkan untuk penyediaan hotel dengan system blocking time, prosesnya masih menunggu jadwal penerbangan haji. “Mudah-mudahan dalam 2-3 hari ke depan jadwal penerbangan sudah siap sehingga Tim bisa segera melakukan negosiasi dengan pihak penyedia akomodasinya,” ujar Sri Ilham.
Pola penempatan jemaah haji di hotel Madinah, masih menurut satu-satunya Direktur wanita di Ditjen PHU ini, sama seperti penempatan di Makkah. Jemaah akan diatur oleh PPIH Daerah Kerja Madinah bukan lagi oleh majmuah (istilah untuk penyedia akomodasi). “Penempatannya nanti berbeda antara sewa musim dengan blocking time,” tandasnya.

Sumber : Dirjen Haji RI

Posting Komentar untuk "Sri Ilham Lubis: Alhamdulillah Akomodasi Mekkah Sudah Selesai 100%"