Rencana Perjalanan Haji (RPH) 2018 Mengalami Perubahan, Ini Sebabnya

PHU Lampung Timur - Dikutip dari halaman website haji.kemenag.go.id bahwa Rencana Perjalanan Haji Tahun 2018 mengalami perubahan dari RPH yang diterbitkan bulan januari kemaren. Perubahan dikarenakan adanya pergeseran waktu pemulangan jemaah haji gelombang I dari mekkah melalui King Abdul Aziz Jeddah ke Indonesia dan perubahan tersebut tidak berpengaruh ke waktu pemberangkatan jemaah haji.

Pada RPH yang dirilis pada Januari 2018 jadwal pemulangan pertama 26 Agustus 2018 bergeser satu hari menjadi 27 Agustus 2018 pada RPH ‘Perubahan’ yang ditandatangani oleh Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Ahda Barori, pada 17 April 2018.
Selain itu perubahan RPH terjadi karena pemberangkatan haji gelombang II dari Mekkah ke Madinah mengalami perubahan tanggal yang semula dijadwalkan pada 30 Agustus 2018 menjadi 31 Agustus 2018 bergeser satu hari dari RPH yang lama.
Edayati selaku Kasi Penyiapan Transportasi Udara; “perubahan Rencana Perjalanan Haji disebabkan oleh kebijakan otoritas penerbangan Arab Saudi yang biasa disebut GACA (General Authority of Civil Aviation). GACA membuat kebijakan bahwa pemulangan jemaah haji dimulai tanggal 27 Agustus 2018 pukul 08.00 WAS sehingga RPH yang sudah dibuat harus menyesuaikan dengan jadwal tersebut.
Menurut Eda, panggilan akrab Edayanti yang sudah ahli dalam penyiapan penerbangan haji Indonesia, usulan jadwal penerbangan jemaah haji Indonesia yang disusun bersama dengan pihak maskapai, saat ini sedang di proses GACA.
“Konfirmasi persetujuan biasanya setelah lebaran karena memperhitungkan usulan slot dari negara-negara lain yang akan mengirimkan jemaah haji ke Arab Saudi,” jelas Eda lebih lanjut.
Saat ditanya kemungkinan adanya perubahan RPH berikutnya Eda berharap tidak ada lagi perubahan. “Insya Allah demikian, semoga tidak ada lagi perubahan RPH,” harap Eda.
Terkait dengan perubahan RPH ini Eda pun berpesan agar para jemaah haji tetap tenang karena tidak berdampak apapun kepada para jemaah. “Biaya (BPIH) gak berubah kok. Jemaah tidak perlu ragu dan khawatir dengan perubahan RPH,” pungkasnya.
Kita harapkan bersama bahwa semua operasional penyelenggaraan ibadah haji tahun 2018 berjalan dengan lancar tanpa hambatan, termasuk mengenai Rencana Perjalanan Haji yang mengalami perubahan namun tidak berimplikasi buruk ke jemaah.(20/04/2018)

Posting Komentar untuk "Rencana Perjalanan Haji (RPH) 2018 Mengalami Perubahan, Ini Sebabnya"